Pengaruh Kualitas Total Quality Marketing Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen; Tinjauan Marketing Syariah

  • Ichwan Arifin Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Pelayanan, Kepuasan, konsumen, Pelanggan

Abstract

Dalam dunia globalisasi yang penuh tantangan ini telah mendorong dunia bisnis menjadi semakin kompetitif dan mempertajam persaingan yang akhirnya membawa konsekuensi hanya perusahaan yang mempunyai kemampuan bersaing saja yang dapat bertahan dan perusahaan harus tahu bahwa masa depan perusahaan sangat tergantung pada  kemampuan dalam memuaskan pelanggan. Oleh karena itu Toruan (2003:115) memaparkan bahwa "kualitas dan produktivitas merupakan salah satu kriteria utama  untuk mencapai sukses, karena kualitas dan produktivitas memungkinkan manajemen untuk memuaskan pelanggan dengan menawarkan the best value for money. Persaingan yang selalu muncul dalam dunia bisnis mendorong munculnya pemikiran-pemikiran baru yang dapat membangun produk atau jasa yang memberikan nilai lebih kepada pelanggan, kondisi ini menyebabkan perubahan paradigma pemasaran.

Kepuasan konsumen adalah topik penting untuk keberhasilan dalam setiap bisnis baik tradisional maupun modern, konsumen menuntut produk berkualitas tinggi atau jasa dan jika mereka tidak puas, mudah bagi mereka untuk pindah ke perusahaan lain dan meninggalkan sesuatu jasa atau produk yang dibuat perusahaan selamanya dan tidak kembali lagi untuk melakukan pembelian ulang.

Islam mengajarkan sebaik- baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain,  خىر كم من ينفع للناس أنفعهم Ajaran ini sangat berlaku di dalam pengembangan bisnis terutama di dalam service dan penyediaan kebutuhan bagi konsumen.

References

Al Quran Al kariim

Al Hadist

Assael, 1995, Consumer Behavior & Marketing Action, Edisi Ke-5, Boston-PWS Publishing

Company.

Buchori, 1992, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit Alfabeta Bandung

Enggel, F, James dan Roger G, Blakwell dan Miniard, 1992, Consumer Behaviour, Sixth Edition,

The Doyden Press, Pourth Wost.

Gay, L.R& P.L. Diebl 1992, Research Methde For Business and Management .

Hanke, John E. Athur G. Reisch 1995, Business forecating, edisi ke-5, Prentice-Hall

International, Inc

Nitisemito, 1981, Manajemen Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia; Jakarta

Oneng Nurul Bariyah, 2012, Total quality management zakat: prinsip dan praktik pemberdayaan

ekonomi, Wahana Kardofa, Jakarta

Rangkuti, 1997, Riset Pemasaran, Cetakan ke-2, Gramedia Pustaka Umum; Jakarta.

Rismiati catur, Suratno Bondan, 2001, Pemasaran Barang dan Jasa Kanisius, Yogjakarta.

Tjiptono, 2001, Strategi Pemasaran, Edisi ke-2 cetakan ke-5, Andy offset; Yogjakarta

Umar Nimran, 1997, Perilaku Organisasi, Edisi Pertama, Penerbit: PT. Citra Media, Surabaya

Abdul kadir Hazlina, Rahmana Nasim, dan Masinaei Reza, Jurnal Internasional,vol 2 no 1, 2011

www. Bud.par.go.id

Published
2018-04-01