Pengaruh Kualitas Total Quality Marketing Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen; Tinjauan Marketing Syariah
Abstract
Dalam dunia globalisasi yang penuh tantangan ini telah mendorong dunia bisnis menjadi semakin kompetitif dan mempertajam persaingan yang akhirnya membawa konsekuensi hanya perusahaan yang mempunyai kemampuan bersaing saja yang dapat bertahan dan perusahaan harus tahu bahwa masa depan perusahaan sangat tergantung pada kemampuan dalam memuaskan pelanggan. Oleh karena itu Toruan (2003:115) memaparkan bahwa "kualitas dan produktivitas merupakan salah satu kriteria utama untuk mencapai sukses, karena kualitas dan produktivitas memungkinkan manajemen untuk memuaskan pelanggan dengan menawarkan the best value for money. Persaingan yang selalu muncul dalam dunia bisnis mendorong munculnya pemikiran-pemikiran baru yang dapat membangun produk atau jasa yang memberikan nilai lebih kepada pelanggan, kondisi ini menyebabkan perubahan paradigma pemasaran.
Kepuasan konsumen adalah topik penting untuk keberhasilan dalam setiap bisnis baik tradisional maupun modern, konsumen menuntut produk berkualitas tinggi atau jasa dan jika mereka tidak puas, mudah bagi mereka untuk pindah ke perusahaan lain dan meninggalkan sesuatu jasa atau produk yang dibuat perusahaan selamanya dan tidak kembali lagi untuk melakukan pembelian ulang.
Islam mengajarkan sebaik- baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, خىر كم من ينفع للناس أنفعهم Ajaran ini sangat berlaku di dalam pengembangan bisnis terutama di dalam service dan penyediaan kebutuhan bagi konsumen.
References
Al Quran Al kariim
Al Hadist
Assael, 1995, Consumer Behavior & Marketing Action, Edisi Ke-5, Boston-PWS Publishing
Company.
Buchori, 1992, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit Alfabeta Bandung
Enggel, F, James dan Roger G, Blakwell dan Miniard, 1992, Consumer Behaviour, Sixth Edition,
The Doyden Press, Pourth Wost.
Gay, L.R& P.L. Diebl 1992, Research Methde For Business and Management .
Hanke, John E. Athur G. Reisch 1995, Business forecating, edisi ke-5, Prentice-Hall
International, Inc
Nitisemito, 1981, Manajemen Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia; Jakarta
Oneng Nurul Bariyah, 2012, Total quality management zakat: prinsip dan praktik pemberdayaan
ekonomi, Wahana Kardofa, Jakarta
Rangkuti, 1997, Riset Pemasaran, Cetakan ke-2, Gramedia Pustaka Umum; Jakarta.
Rismiati catur, Suratno Bondan, 2001, Pemasaran Barang dan Jasa Kanisius, Yogjakarta.
Tjiptono, 2001, Strategi Pemasaran, Edisi ke-2 cetakan ke-5, Andy offset; Yogjakarta
Umar Nimran, 1997, Perilaku Organisasi, Edisi Pertama, Penerbit: PT. Citra Media, Surabaya
Abdul kadir Hazlina, Rahmana Nasim, dan Masinaei Reza, Jurnal Internasional,vol 2 no 1, 2011
www. Bud.par.go.id